Mengenal Ukuran Brosur dan Media Cetak Lainnya.

ukuran brosurKita sudah terbiasa membaca buku, brosur, majalah maupun koran. Tetapi kebanyakan dari kita mengabaikan hal-hal sepele tentang ukuran sebuah buku, majalah, brosur, poster yang kita baca tersebut. Karena mungkin Anda menganggap sebuah ukuran media yang kita baca adalah suatu hal yang tidak penting.

Akan tetapi menjadi berbeda ketika kita berencana untuk membuat buku, brosur atau media promosi atau publikasi lainnya. Masalah ukuran menjadi suatu hal yang penting, karena hal ini sangat berkaitan dengan besarnya biaya yang akan kita keluarkan untuk pembuatannya. Karena sebenarnya ada beberapa bentuk standar (biasa dipakai), disesuaikan dengan ukuran asli kertas keluaran pabrik (ukuran plano). Dengan memakai ukuran standar maka penggunaan kertas menjadi lebih efisien, karena tidak ada kertas yang terbuang. Dengan demikian ongkos yang kita keluarkan menjadi lebih ringan.

Berikut adalah ukuran-ukuran standard brosur, majalah, poster, buku kenangan, lefleat, undangan dll :

 

BROSUR : membuat brosur bentuk ukuran kertasnya ada beberapa pilihan yaitu A4, F4, Letter dan Custom. Hal ini sangat di anjurkan daripada memakai ukuran seenaknya sendiri karena ketentuan ukuran tersebut sudah dikondisikan dengan ukuran kertas plano (kertas ukuran besar sebelum dipotong-potong menjadi bagian tertentu, biasanya dijual khusus untuk distributor dan penjual grosir kertas), jadi sangat pas dan tidak berlebih yang bisa mengakibatkan terjadi pembengkakan biaya.

MAJALAH : membuat majalah sangat bervariasi ukurannya pada umumnya standar ukurannya adalah A4, Letter dan B5. atau F4

JURNAL : sering di pakai oleh universitas2 swasta dan negeri, maupun yang lainnya. ukurannya yang dipakai B5.

BULLETIN : sangat ideal untuk ukuran F4, atau A4

UNDANGAN : tidak ada ukuran yang diharuskan dan biasanya format ukurannya menyesuaikan dengan ukuran F4 misalnya 21,5 cm x 16,5 cm atau bisa juga 16,5 cm x 16,5 cm

TABLOID : ukuran umum 29 cm x 42cm sedangkan jumlah halamannya bisa dimulai dari 12,  18, 24, 32, 40, 64, yang penting kelipatan 4.

KORAN : pada umumnya juga sama dengan koran-koran yang ada di indonesia (kompas, jawa pos, jakarta pos, bali pos dll) tidak kurang dan tidak lebih pada kisaran ukuran 33,5cm x 55cm.

KOP SURAT : bisa pakai ukuran Folio (F4) atau Kwarto (A4)

NOTA : Standarnya mengacu pada ukuran folio kertas, tinggal mau dibuat ukuran berapa, bisa setengah folio, seperempat, atau sepertiga, menyesuaikan saja dengan kebutuhan jenis usahanya.

SERTIFIKAT / PIAGAM : pilihannya bisa Folio atau A4

IJAZAH : Yang sering digunakan adalah ukuran Folio dengan bahan kertas concord, linen, kinstrik, atau hammer.

Note :

- F4 (bahasa english)  atau disebut Folio (versi indonesia)  adalah 21,5cm x 33cm
- A4 atau kwarto adalah 21cm x 29,7cm
- B5 yaitu 17,6 cm x 25 cm

Ukuran tersebut diatas adalah sedikit panduan untuk anda yang berencana membuat brosur atau media cetak lainnya. Dengan memakai standard ukuran diatas berarti anda menggunakan kertas dengan maksimal dan menghemat bahan.

Contact Us

PROFIDE | Percetakan - Digital Printing
Jl. Abdulrahman Saleh 113 Semarang
P : (024) 76469000 / 7616695 / 085 103 228822
F : (024) 7616695
E : profide.semarang@yahoo.com
.    profide.semarang@gmail.com
w: www.profide.co.id
WhatsApp : 085103228822

OPEN : Senin - Jum'at : 09.00 - 16.30 WIB
Sabtu : 09.00 - 13.30 WIB
Minggu dan Hari Besar Tutup

temukan di facebook